Es Palu Butung

Assalamualaikum,wr,wb....
Lamo gak bersuo...hehehehe...lama ya gak ngisi blog ini, tapi insyallah gak terlupakan.
Sempat salah entry pasword dan alamat email. hohoho terkena penyakit lupa tingkat tinggi. oiyaaa "Marhaban ya Ramadhan".Alhamdulillah telah diberikan kenikmatan dan anugrah untuk bertemu lagi dengan bulan ini. Bulan ramadhan identik dengan yang berbau es dan air, hehehe...menjelang ramadhan ini iklan tentang sirup, minuman dan lain-lainnya yang berbau es menjamur di TV.
Bulan ramadhan ini bertambah lagi kesibukan diluar rutinitas, tems doain ya untuk selalu lancar dan diberi kemudahan, bagi yang dah tau minta doanya ya....
Ceny hari ini mau share resep masakan yang kemarin diajarkan mama, praktek langsung, biasanya sie dah ngira2 aja bahannya. ternyata gak terlalu susah.N semoga bermanfaat.
 Yaitu Es Palu Butung
Bahan-bahan :
1. Pisang Ambon/kepok (nah untuk ini tems sesuai selera ya, direbus/dikukus, kemudian di ptong-potong)
2. 600cc santan dari 1 butir kelapa.
3. 75 gr gula pasir (ini sih terserah selera, sebaiknya jangan terlalu manis slya akan ditambahkan sirup)
4. 50gr tepung (nah ini modifikasi mama n ceny, slya kata mama klo pakai tepung beras agak keras, soal rasa sih sama aja)
5. 1/4 sendok teh Vanili bubuk
6.Sedikit garam
7. Daun pandan

8. Sirup dan susu kental manis (sebagai pelengkap).

Cara membuat:
1. Persiapan , untuk persiapan ini ditimbang dulu tems bahan-bahannya dan siapin bahan-bahan yang dibutuhkan, biar berjalan lancar saat pelaksanaan.
2. Sisakan sedikit air santan untuk dicampurkan dengan tepung terigu, ingat tems saat aplikasi pastikan tidak ada gumpalan.
3. Sedangkan air santan lainnya ditambahkan gula, dan daun pandan serta vanili, panaskan hingga panas, aduk yang rata yang tems, setelah panas masukan tepung yang telah di encerkan dengan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk.
4. Apabila telah mengental, matikan kompor dah biarkan dingin.
5. Penyajian : sajikan bersama potongan pisang, bubur, sirup dan susu, jangan lupa es nya.

Selamat mencoba ya Tems...semoga bermanfaat.


0 komentar: