Resep 2

Ikan Kuah Kuning

Ini salah satu makanan n masakan kesukaannku. Di Jayapura dulu ini salah satu masakan favorit kalau ada acara (makanan khas Jayapura).
Menu yang hampirku sering ku masak kalau ada waktu.
Untuk cuaca dingin-dingin seperti ini menu ini cocok banget.....




Bumbu:

  1. bawang merah, bawang putih, merica, kunyit (komposisi sesuai selera, biasanya bawang merah lebih banyak daripada bawang putih) bahan bumbu dihaluskan.Tips: gunakan merica masih dalam bentuk butiran, bila di bandingkan yang sudah halus kadang aromanya berubah.
  2. Siapkan serai (dimemar), daun salam, lombok ijo utuh, dan lombok daun perey (daun bawang ukuran besar), daun kumangi.
  3. Minyak goreng (pakai minyak sayur)
  4. Garam n penyedap (sesuai selera)
Bahan:
  1. Ikan tongkol segar (biasanya pakai ikan ekor kuning tapi jarang di jawa) atau ikan yang lainnya sesuai selera. dibersihkan kemudian di lumuri air jeruk nipis 15 menit.
Cara memasak:
  1. Tumis bumbu kuning,kemudian masukkan serai, daun salam, hingga tercium wangi. 
  2. Kemudian masukkan ikan segar (sebelumnya ikan di cuci lagi terlebih dahulu), ikan di ungkep dengan bumbu sekitar 2 menit, kemudian masukkan air sedikit-demi sedikit (ungkep dilakukan agar ikan tidak amis)
  3. Seletah itu ikan di didihkan sampai mengental, sebelum mengental masukkan lombok ijo + lombok merah, dan daun perey serta garam dan penyedap.
  4. garnish menggunakan daun kumangi dan hiasan lombok ijo + merah.
Tips: untuk garnish dari dapat menggunakan lombok merah besar atau hijau, lobok di keluarkan bijinya dan memotong memanjang seperti kelopak bunga. agar lebih fresh diremdam air dingin kemudian di simpan di kulkas sekitar 2 jam.

let's try to cooking.....
cook n fun.....^^

0 komentar: